Engineering for the People

Regaining Indonesian Biodiversity through Sustainable Development of Indonesian Community

This was my research proposal for master’s degree in some place. This was the very original version. It took me a very long time just to think about it, to rethink and reflect again about it, and in the end I was very convinced that this is the thing that I want to do for… Continue reading Regaining Indonesian Biodiversity through Sustainable Development of Indonesian Community

Engineering for the People

Indonesian Aircraft Industry: Why is it Important?

Attempting to learn English, I decided to spend my New Year’s Eve (btw happy new year, everybody! あけましておめでとうございます、いい年になるように祈ってます!) finishing an interesting book my friend gave me, ‘23 Things They Don’t Tell You about Capitalism‘ written by South-Korean Cambridge University economist (I hope I mention him correctly) Ha-joon Chang. It was a good book, even for… Continue reading Indonesian Aircraft Industry: Why is it Important?

Engineering for the People

Superkeren: Perpustakaan TU Delft

Padahal seharusnya saya harus ngepos tentang lanjutan dari Daehanminguk 8282, tapi yang ini juga pengen ditulis cepet-cepet. (>.<) Ketika sedang membuka-buka website fakultas-fakultas di ITB untuk mencari berita, saya menemukan berita studi banding civitas akademika Teknik Lingkungan ITB ke Technische Universiteit (TU) Delft, Belanda. Dan yang memukau saya adalah perpustakaan. Silakan liat sendiri kalo gag… Continue reading Superkeren: Perpustakaan TU Delft

Engineering for the People

Mengembangkan Industri Indonesia

Hampir menyelesaikan masa-masa Kerja Praktek (KP), saya mulai dihantui oleh tugas-tugas laporan: laporan umum, laporan khusus, tugas tambahan.. dan hal yang paling mendebarkan adalah ketika kami (saya dan teman-teman KP) harus mempresentasikan hasil kerja kami selama numpang makan dan naik bus perusahaan dua bulan terakhir ini. Sangat mendebarkan, karena ternyata sang Manajer Produksi, Superintenden, Supervisor,… Continue reading Mengembangkan Industri Indonesia

Engineering for the People

Mencari Made in Indonesia

Tanpa terasa masa kerja praktek sudah satu bulan. Aneh memang. Di awal rasanya waktu berjalan sangat lambat, tetapi yang namanya manusia memang punya kemampuan adaptasi yang luar biasa: yang selambat ini pun lama-lama bisa terasa cepat. Hahahaha. Dua minggu kedua untungnya saya lebih produktif. Lebih banyak belajar dibandingkan dengan minggu pertama yang terus terang saya… Continue reading Mencari Made in Indonesia

Engineering for the People

Selamat Datang di Balongan

Karena dosen pembimbing minta laporan Kerja Praktek per 2 minggu, jadi sekalian aja ngepos di blog deh, hehehehe. Terhitung sejak Senin (04/06/12) saya bersama dengan Tan Mellisa Tantra menjalani mata kuliah Kerja Praktek (KP) di PT Polytama Propindo (PTPP) yang terletak di Desa Majakerta, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. Daerah ini lebih terkenal dengan nama Balongan… Continue reading Selamat Datang di Balongan

Engineering for the People

Main-main ke Business Innovation Center (BIC) di PUSPIPTEK Serpong

Menyimpan beberapa hari liburan di Bandung sebelum pulang ternyata ada gunanya. Jadi ditawarin perjalanan gratis ke PUSPIPTEK Serpong bareng anak-anak 2010: Sukma, Dio, dan Sitin. Ada tanggung jawabnya juga sih: mempresentasikan kerjaan anak-anak Keprofesian HIMATEK tentang Biodegradable Plastic dan Daur Ulang Kertas Wangi (proyek kapan banget deh, hahahaha). Saya dan Sukma tentang Biodegradable Plastic, sementara… Continue reading Main-main ke Business Innovation Center (BIC) di PUSPIPTEK Serpong